Jumat, 12 Oktober 2012

Belajar edit bahasa game java menggunakan Class Editor


Postingan kali ini aku mau share cara ngedit bahasa game java (.jar). Yang udah tau,di lewat aja.Atau bacanya sambil merem aja. Hehehe...

Alat yg dibutuhkan yaitu Class Editor,kamu bisa nyari aplikasi ini di Mbah Google atau di 4shared.
Pertama ekstrak file gamenya yg berformat .jar (bisa menggunakan x-plore atau mobi explorer atau power grasp),terus cari dimana bahasa gamenya.Umpama aku mau edit bahasa game "Bass Fishing Mania 3D",letak bahasanya di file "ml.bin".
Buka file "ml.bin" menggunakan Class Editor,dan silakan edit bahasanya sesuka hati kamu.

Ingat,jumlah byte setelah pengeditan jangan sampai berkurang atau lebih dari aslinya.

Nah,gimana caranya nambahin karakter/huruf pada setiap kata/kalimat? Begini ceritanya, (bingung.....???)
Seperti yang kita tau,pada setiap kata/kalimat suka ada 2 kotak hex di depannya. Dimana di kotak pertama nilai hexnya '00',sedangkan kotak kedua yaitu jumlah karakter dari kata/kalimat tersebut.
Umpama kita mau mengubah kata EXIT menjadi kata KELUAR. Dimana kotak pertama bernilai '00' dan kotak kedua '04' (karena jumlah karakter dari kata EXIT adalah 4 karakter). Kalau kita langsung mengedit kata EXIT tanpa mengubah hex pada kotaknya tadi hasilnya pasti game akan rusak. Jadi setelah mengubah menjadi kata KELUAR,sorot pada kotak kedua,lalu tekan tombol angka 3,ubah '04' menjadi '06' (sesuai jumlah karakter dari kata KELUAR yaitu 6 karakter).
Nah gimana kalau ingin mengubah kalimat yang panjang,sedangkan kita tidak tau tentang kode-kode hexnya. Umpama kita mau edit kalimat "DO YOU WANT TO EXIT THIS GAME?" Coba itung berapa karakter tuh?! Ya betul jumlahnya 30 karakter. (spasi dihitung 1 karakter).
Umpama kita ubah menjadi "APA KAMU INGIN KELUAR?" (jumlahnya 22 karakter). Sedangkan kita tidak tau kode hex dari angka 22 tersebut. Gimana dong?!. Caranya mudah,sorot pada kotak pertama yang bernilai hex '00',lalu tekan joystik/angka 5,pilih ADD BYTE lalu OK,terus tekan joystik kanan/angka 6 maka akan terbentuk satu kotak hex baru. (Jadi kalimat itu sekarang memiliki 3 kotak hex). Lalu sorot pada kotak hex yang baru dibuat tadi terus tekan tombol angka 3,ubah '00' menjadi '01' lalu OK
.
Selanjutnya ubah kalimatnya tadi,sorot pada huruf pertama dari kalimat tersebut,tekan joystik/angka 5 lalu pilih EDIT TEXT,maka akan tertampil kalimat tersebut. Hapus kalimat 'DO YOU WANT TO EXIT THIS GAME?' ubah menjadi 'APA KAMU INGIN KELUAR?',lalu OK. Terus geser ke kanan atau tekan tombol 6,maka kalimat udah berubah. Setelah itu jangan lupa hapus kotak hex yang baru dibuat tadi,dengan cara sorot pada kotak hex tersebut lalu tekan tombol (*) terus tekan tombol 6 pilih delete (tanda X) lalu tekan angka 5.Sehingga kotak hexnya menjadi 2 kotak seperti semula.
Dengan cara ini kita tidak perlu lagi mengubah nilai dari kotak hex yang kedua,karena sistem telah menghitungnya sendiri.

Setelah selesai mengedit,periksa jumlah bytenya,apakah sama seperti aslinya atau tidak! Apabila kurang atau lebih,kalian bisa memanipulasinya dari kalimat-kalimat yang panjang.

Sekian penjelasan yang kurang jelas ini. Semoga bermanfaat bagi temen-temen yang lagi belajar edit game java. Bila ada hal yang belum jelas,silakan berkomentar atau bisa lewat guestbook.
Akhir kata, WASSALAM....

SUMBER Blogspot™<< Klik aja.. :)


2 komentar: