Sabtu, 15 Desember 2012

Apple 1. komputer Pertama Apple



Sekarang dunia dipenuhi dengan berbagai gadget canggih bahkan unik dengan berbagai vendornya masing-masing. Salah satunya Apple, tau kan produk Apple?(kalo gatau, UDIK BANGET SIH LOE??!!hhehehe). Perusahaan Apple sendiri didirikan oleh duo Steve, yaitu Steve Jobs dan Steve Wozniak. Sampai saat ini Apple telah menjadi vendor yang sangat terkenal dan telah memproduksi berbagai gadget yang populer seperti iPod, iPad, iPhone, juga Laptop tentunya. Selain memiliki merk laptop nya sendiri Apple juga memiliki System Operasi nya sendiri yaitu Macintosh, tapi pernahkah terpikir di benak kalian bagaimana bentuk pertama dari komputer Apple sendiri?hayo?hhehe. Setelah searching d Om Google akhirnya ketemu juga, ini dia :



Apple 1, adalah nama dari komputer pertama Apple yang dibuat pada April 1976. 
Sekitar 200 komputer Apple 1 dibuat pada tahun itu. Saat dijual pada waktu itu harganya $666. Spesifikasinya pun tertinggal jauh jika dibandingkan produk-produk Apple sekarang. Apple 1 ini merupakan jenis personal computer (pc) yang sudah dilengkapi dengan motherboard (dengan CPU, RAM, dan basic textual-video chips). Casingnya pun masih terbuat dari kayu. Apple-1 datang dengan memori kecil 8K atau 524.000 kali lebih kecil dari memori standar saat ini di komputer Apple. Buat nyimpen lagu aja ga cukup apalagi buat nyimpen film porno??wkwkwk.


Apple 1 ini sempat dilelang di London Inggris bekerja sama dengan rumah lelang terkenal, Christie. komputer yang dijual dari garasi rumah ayah Steve Jobs sendiri ini dilelang dalam kondisi lengkap. Bentuknya masih orisinal, ada instruksi manual dan terdapat pula tanda tangan Jobs. Waktu itu target penjualannya sekitar Rp 1,4M sampai Rp 2,1 dan akhirnya terjual oleh kepada kolektor asal Italy yaitu Marco Boglione seharga Rp 1,9M kawan.hhaha. Apple 1 dinilai begitu berharga karena memupnyai nilai sejarah yang tinggi. "Komputer ini adalah pelopor iPod, iPad sampai iPhone. Dengannya, Anda dapat melakukan pemrograman dan bisa disebut sebagai kalkulator berperforma tinggi," begitulah keterangan dari rumah lelang Christie waktu itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar