Senin, 06 Agustus 2012

Cara Kerja Jam Digital dengan IC TTL 7493


Semua orang butuh, dialah sang penunjuk waktu. Tapi tahukah Anda bagaimana jam bekerja??
Silahkan di pelajari :D.  dan semoga bermanfaat. ^ ^.

Baik jam digital maupun alalog pada prinsipnya sama, yaitu frekuensi getaran. Perbedaanya hanya terletak pada sumber getaran / frekuensinya. Kalau jam analog menggunakan ayunan mekanik + gear dengan kombinasi tertentu sehingga dia mampu untuk menentukan lamanya 1 detik dan menghitung 1 menit = 60 detik, etc.. etc..
Nah, kalau jam digital sumber frekuensinya dengan detak / clock. secara umum dapat digambarkan dalam skema
berikut :
Diagran blok jam digital
Sangat mudah bukan?? Sebuah pembakit getaran / sumber detak 1 Hz akan dicacah dengan menggunakan MOD 60. artinya 1 Hz = 1 detik, setelah melewati MOD 60, maka 60 detik = 1 menit bukan? begitu pula dengan jam, 60 menit = 1 jam dan 24 jam = 1 hari (pukul 00 : 00 : 00).
Sebelum berbicara lebih jauh, ada baiknya kita mempelajari datasheet IC yang bersangkutan, yaitu IC TTL 7493 atau IC TTL 74193.
Didalam kedua IC tersebut terdapat sebuah rangkaian flip-flop JK, dengan flip-flop inilah kita akan membangun sebuah pencacah (MOD 60 etc). Bila kita perhatikan, didalam IC 7493 dan 74193 hanya terdapat 4 buah flip-flop JK.Yang berarti kemampuan cacah nya hanya 0 – 15 (00 -0 F) atau 16 cacahan. Lantas bagaimana kita membentuk pencacah 60 nya??
Sangat mudah, MOD 60 = MOD 10 + MOD 6. Sehingga 1 buah MOD 60 terdiri dari MOD 10 dan MOD 6.
Counter 7493
Dari gambar rangkaian flip-flop diatas terdapat tabel nilai keluaran QD, QC, QB, QA (MSB-LSB). Nilai keluaran yang berada dalam kitak merah dan dicetak tebal adalah nilai RESET. Jadi nilai tersebut digunakan untuk mereset counter. Kemudian mulai dari MOD 10, kemudian dikopel dengan MOD 6, maka terbentuklah MOD 60 untuk detik. Sedangkan untuk menit (sama saja, hanya meletakkannya setelah MOD 60 detik), begitu pula dengan jam. yups! sangat mudah.. Silakan mencoba…

Sumber :  http://cah25.wordpress.com/elektronik/

3 komentar:

  1. keren,, kalau bisa lebih di perjelas untuk orang awam

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih.. ^ ^, siap.. boss. ane akan perjelaskan untuk orang awam.!! agar lebih jelass..
      emank yg diatas kurang jelas..?! apa tulisannya apa gambarnya.?!

      Hapus
    2. kurang langkah kerjanya.. bagaimana prosedur pekerjaannya?

      Hapus