Senin, 27 Agustus 2012

MEMBUAT GAME SEDERHANA MENGGUNAKAN GREENFOOT


Greenfoot merupakan sebuah IDE berbasis java yang dikhususkan untuk pembuatan game sederhana. Greenfoot diprakarsai oleh Michael Kolliung pada tahun 2003. Prototype yang pertama dibangun oleh Poul Henriksson dan Michael Kolling pada tahun 2003/2004. semenjak tahun 2005 pembuatan greenfoot ini dilanjutkan dengan melibatkan anggota kelompok dari University of Kent dan Deakin University.

Pada awalnya, greenfoot bertujuan untuk menarik minat anak-anak untuk belajar pemrograman, greenfoot ini cocok untuk anak usia 13 tahun ke atas. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Selain berbentuk teks seperti editor lainnya, pada greenfoot ini terdapat perangkat alat bantu seperti class browser, editor dan compiler. Greenfoot juga mendukung bahasa Java secara utuh. Denagn adanya bantuan bperangkat-perangkat tadi, konsep OOP pada greenfoot lebih mudah dimengerti.

Didalam greenfoot terdapat project yang dinamakan scenario. Di dalam project tersebut, kita bisa membuat dua macam tipe class dari library greenfoot. Yaitu class world dan actor. World merupakan latar dari game yang akan dibuat. Untuk membuat class world, caranya adalah dengan meng-klik new sub class di bagian world. Maka akan mucul sebuah kotak dialog. Kemudian kita diminta untuk memberi nama untuk kelas world tersebut. Setelah itu kita dapat memilih gambar sebagai latar belakang class world yang akan kita buat. Di dalam greenfoot sendiri telah tersedia beberapa gambar untuk latar belakjang, seperti gambar tanah, pasir, batu, air, dll.

Class actor adalah sebuah kelas yang berfungsi sebagai karakter pada game yang akan kita buat. Untuk membuat actor caranya adalah dengan meng-klik icon aktor, kemudian pilih new subclass. caranya hampir mirip dengan pembuatan class world. Pada class actor juga telah disediakan beberapa gambar, sepertii gambar animal, people, symbol, dll.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat video contoh pembuatan game menggunakan greenfoot.





Dalam greenfoot sendiri telah disediakan beberapa contoh game yang sudah jadi. Source code nya pun dapat dilihat dan dirubah sesuai dengan keinginan kita. Greenfoot menyediakan tutorial cara instalasi, pemakaian dan kompilasinya. Untuk mendapatkan tutorial tersebut, anda bisa buka site grenfoot di http://www.greenfoot.org/doc/tutorial/tutorial.html

Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar