Rabu, 01 Agustus 2012

Baterai HP Bekas Dibuang Sayang


Baterai HP Bekas Dibuang Sayang

  
Biasanya baterai HP menjadi sering soak bila telah terpakai sekian lama. Jangan dibuang. Manfaatkanlah menjadi pengganti baterai lampu senter LED biasa (type AA 1.5v, AAA 1.2v).  Umumnya baterai HP sekarang 3v6. Baterai HP ini bila terisi penuh masih bisa menyalakan lampu senter LED 2-3 jam nonstop. Bila ampernya besar tentu lebih
lama lagi hidupnya. Lumayan untuk penghematan. Bila lampu senternya menggunakan bohlam, maka daya tahannya tidak akan lama, karena wattnya lebih besar.
Kabel bisa langsung disolder pada terminalnya (dengan memperhatikan mana yang plus dan minus) atau dikupas dari cangkangnya, terserah anda.
Diatas adalah beberapa contoh senter dengan lampu LED. Yang putih besar memakai 4x baterai AA= 6v; tiga sisanya menggunakan 3x baterai AAA= 3v6.
  
Caranya:
Buang semua terminal baterai yang ada (yang ada pernya adalah terminal minus). Buka box senter dan solder kabel2 sesuai sambungan aslinya. Perhatikan mana yang plus dan mana yang minus. Biasanya yang minus langsung ke rangkaian led, sedangkan yang plus ke switch/saklarnya. Keluarkan kabel2nya via lubang bekas terminal, lalu tutup/satukan kembali boxnya. Sambung kabel2 tadi keterminal baterai. Ingat2 mana yang plus dan yang minusnya. Tempatkan baterai sedemikian rupa lalu ikat dengan isolasi ban atau karet gelang, atau di lem dengan lem silikon. Coba di tes apakah menyala atau tidak. Bila tidak berarti kabel2nya terbalik.
   
Lampu diatas menggunakan soket mic kecil disambung keterminal plus-minnya. Jack dengan kabel yang agak panjang disambung langsung ke baterainya. Walaupun sebenarnya lampu ini 6v, tapi dengan baterai HP 3v6/1.5A ex Kyosera tetap bisa menyala. Dinyalakan selama 3 jam nonstop masih sanggup! Bila lampu LEDnya lebih sedikit, tentu akan lebih lama lagi nyalanya.
Rangkaian charger:
Dibawah ini beberapa diagram rangkaian battery cherger. Semua komponen mudah didapat dan tentu saja murah (sekitar RP 10 ribuan, tanpa PS).
Rangkaian diatas belum saya buat, jadi belum bisa beri komentar.
.
Rangkaian diatas sudah dibuat dan otomatis, tapi belum diuji karena tidak punya baterai 6v. Baterai bisa ex HP jadul (ex Nokia/Ericcson) atau sealed (barunya sekitar 70 ribuan). VR untuk menyetel output volt,  set ke 7v. Dengan menambah transistor BD140 + 10x (LED sinar putih + resistor 100Ω) maka ketika listrik mati, baterai akan menyalakan semua LED.  Waktu pengisian hingga penuh antara 2-3 jam.
.
Rangkaian diatas juga sudah dibuat, dan juga otomatis. Bila baterai kosong maka led akan menyala menandakan baterai sedang diisi. Bila baterai telah penuh maka led akan mati menandakan rangkaian berhenti menyalurkan arus. Bila baterai yang akan diisi berkapasitas 3v6 maka zener diodenya menggunakan zener 3v3. Bila dipakai mengisi baterai 6v maka zener 5v6 yang dipakai. Waktu pengisian hingga penuh antara 2-3 jam. Perhatian: sambung baterai kerangkaian terlebih dahulu baru nyalakan. Bila tidak maka otomatisasi tidak berjalan. VR untuk menset kapan baterai berhenti mengisi bila penuh. Dengan voltmeter (tanpa baterai tersambung) set ke 4v.
Saya menggunakan capit buaya untuk menghubungkan baterai dengan rangkaian. Biasa, cari yang praktis! Anda bisa berkreasi sendiri.
.
Rangkaian adjustable power supply 1.2v – 20v/1A.
.
Diagram dan PDF silakan unduh disini.

  yang asli 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar