Minggu, 05 Agustus 2012

Artikel Tentang Naga.

 Mungkin ditelinga kita sudah tak asing lagi mahluk yang bernama Naga,Ya Reptil raksasa ini mungkin di sebut sebagai legenda tetapi,mereka bisa dibilang populer dikalangan masyarakat Dunia.Mereka kerap muncul di Film,Game,dan karya karya seni.Tetapi darimanakah ide-ide Naga ini ? ,bagaimana orang orang zaman dulu mendapatkan pemikiran ini ? .Selain itu Naga ini muncul dalam Legenda Masyarakat Dunia dengan Gambaran yang berbeda-beda,berikut adalah gambaran-gambaran mereka
:


1.    Naga Afrika adalah salah satu jenis naga yang lebih dikenal orang Eropa sebagai naga Oriental. Bahkan, sebagian besar naga Afrika tidak diakui sebagai naga. Kebanyakan naga Afrika lebih seperti ular besar atau ular raksasa, kadang-kadang hanya memiliki dua kaki,tetapi mereka dapat terbang.Ular-seperti naga ini terlihat beberapa kali disepanjang budaya Afrika, termasuk cerita rakyat, mitologi agama, dan cerita suku. Cerita naga ini ditemukan di suku, kota-kota di seluruh Afrika termasuk Mesir.Para orang di Afrika Barat percaya bahwa dunia diciptakan oleh Nana-Buluku. Nana-Buluku menciptakan seorang pendamping bernama Aido-Hwedo. Aido-Hwedo adalah "ular pelangi", atau naga. Dikatakan bahwa dengan kotoran naga tersebut dibuat pegunungan dan Dikatakan juga  bahwa tempat naga itu menggeliat di Bumi dibuat sungai dan Lembah. Orang Afrika juga  mengatakan bahwa naga, Aido-Hwedo, akan menghancurkan dunia yang diciptakan oleh tuannya.



2.      Frost Dragon termasuk dalam kategori naga Eropa lebih tepatnya Nordik,karena paling sering diceritakan disana.Menurut legenda,Frost Dragon bisa mencapai panjang hingga 11 meter, termasuk ekornya, dan memiliki lebar hingga 13 meter ketika sayapnya direntangkan.Frost Dragon juga memiliki sejumlah kemampuan. Pertama dan terpenting, mereka bisa mengeluarkan frost breath atau nafas dingin yang menciptakan bekuan Es,lalu mereka memiliki Cakar tajam yang memungkinkan mereka untuk melekat pada setiap permukaan es atau licin dengan mudah. Frost Dragon diketahui dapat hidup setidaknya dua abad, Frost Dragons akan makan apa saja. Namun, mereka sangat pilah-pilih tentang bagaimana cara makanannya dihidangkan, dan hanya akan mengkonsumsi makanan yang telah dibekukan. Biasanya Frost Dragon akan menghabisi mangsanya dengan menyemburkan es hingga bisa melahapnya saat mangsanya masih kaku dan dingin.Menurut mitologi Nordik ,naga ini diklaim menyukai perhiasan, khususnya berlian. Jika mangsa hidup kebetulan membawa benda tersebut, dikatakan bahwa Naga itu mungkin dapat menawarkan hidup mereka dengan memberikan Berlian tersebut.



3.    KnuckerKata itu berasal dari Nicor Inggris Kuno yang berarti "rakasa air".Knuckers dalam Legenda dikatakan panjang mereka mencapai bisa 20-30 meter. Mereka memiliki sayap Vestigial (tak berfungsi) malah ada juga orang yang mengatakan mereka tak bersayap.Warnanya diceritakan berbeda beda,kadang ada yang bilang biru,merah kusam atau hitam. Kulit mereka kasar dan kepala mereka kecil. Mereka makan binatang kecil meskipun banyak Frost Dragon  yang lebih besar  dikenal  menculik dan memakan anak-anak.Dikatakan mereka dapat hidup selama 120 tahun.Knucker Dikatakan menggunakan racun yang daya korosifnya lima puluh kali lebih kuat dari asam klorida dan dapat mencairkan mangsa. Ada yang bilang mereka hidup di tempat yang lembab,Hutan,pegungan,dan tempat lainnya. Mereka dikatakan lebih suka menimbun barang berhargatangga seperti harta karun. Telur mereka dikatakan berwarna hijau kebiruan guna untuk berkamuflase dengan air.Para Knucker terkenal tinggal di Lyminster.menurut legenda di tempat ituKnucker  menyebabkan banyak masalah,Mahluk itu mengkonsumsi bahan makanan para pendudukdan bahkan penduduk desa itu sendiri,akhirnya raja Lyminster memutuskan untuk menawarkanputrinya kepada siapa saja yang membunuh naga tersebut ,akhirnya ada seorang Ksatria pemberani yang membawakan sang raja kepala naga tersebut.Legenda mengatakan bahwa setelah menikahisang putri ksatria menetap di Lyminster.Slab Slayer,adalah batu nisan yang berada di Gereja Lyminster  yang menceritakan kisah tersebut.Sebuah legenda lain mengatakan bahwa naga tersebut dikalahkan  oleh anak seorang petani, yang disebut Jim Pulk atau Jim Puttock.Setelah WalikotaArundel menawarkan hadiah kepada siapa saja yang mengalahkan naga tersebut. Dia membunuhsang naga dengan memasak kue raksaksa beracun yang dinamakan Knuckerholeknuckerhole lalu diletakan di atas kereta kuda.Lalu, Naga itu muncul dan memakan habis kue, kuda dan keretaKetikatelah habis, anak itu memotong kepalanya.Selain cerita cerita itu naga ini juga muncul dalam kisah Beowulf


http://www.freewebs.com/mysticaldragonology/SPECIES%20-%20KNUCKER.jpg


4.    The Wyvern dikatakan oleh orang-orang Eropa sebagai spesies naga terbesar.Mereka yang berumur ribuan tahun dikatakan memiliki tinggi yang mencapai awan dan memiliki tubuh yang lebih besar daripada gunung. Warna mereka dikatakan dengan bervariasi ada yang hijau,cokelat,sampai merah.Saat terbang suara mereka mirip dengan gagak, sementara ketika bertarung atau dalam bahaya mereka meraung. Mereka makan mamalia yang besar. Wyvern kadang membuat sarang di tebing. Telur Wyvern sangat besar dengan tempurung bergelombang tebal yang berubah warna untuk berkamuflase dengan daerah sekitarnya.



5.    Lung Asia  adalah jenis naga yang berada di Cina, Tibet, Jepang, Indonesia,Korea, dan Mongolia.Perbedaan utama antara spesies yang berbeda dari  Naga Lung adalah jumlah jari kaki Lung Jepang memiliki 3 jari,Lung Indonesia dan Korea 4 jari,dan Lung China memiliki 5 jari. Naga Tibet(Tibettan Dragon/Draco Montana) terlihat  seperti Naga Lung,namun banyak orang yang membedakannya.Naga Lung Cenderung jinak dan ramah(kecuali di Korea dan beberapa Negara) berbeda dengan Naga Barat.Mereka memiliki panjang berkisar antara 30-40 meter Menurut Legenda mereka kemungkinan lahir dengan dua cara yakni dari telur atau dari koi yang melompati gerbangnaga.Menurut Legenda Korea mereka dapat melakukan teknik Hipnotis, sebuah taktik yang mereka pakai untuk menangkap mangsa. Mereka menghipnotis dengan memutar-mutar tubuh mereka danmembuat suara yang mirip dengan sebuah nyanyian yodelMereka juga dapat menyekik mangsanya, seperti python.Menurut Legenda Jepang mereka dianggap mahluk bijaksana dan dapat menulisKaligrafiMereka membuat tinta dari substansi dari antara kaki mereka, menggunakan ekornyasebagai kuas, dan menulis pada kulit Hewan.Mereka tinggal di kuil hancur. Menurut Legenda China mereka adalah mahluk yang mengubah-ubah cuaca,jika naga tersebut kecewa mereka akan menimbulkan banjir.Karena itu warga Cina mengormatinya dengan memberikan sesajian.Para Lung juga banyak muncul dalam seni Asia, dengan gambaran  kepala seperti unta, mata seperti permata,telinga seperti sapi / kerbau, tanduk seperti yang rusa jantan, cakar seperti elang, leher seperti ular,kaki seperti harimau dan gigi seperti serigala.



6.    Zmey Gorynych atau Naga Slavia (daerah sekitar Rusia),menurut Legenda Mahluk itu memiliki tiga kepala,beberapa memiliki kepala yang tumbuh kembali jika setiap kepala tunggal tidak terputus, berwarna hijau, berjalan dengan dua kaki belakang, memiliki kaki depan kecil, dan menyemburkan ApiMakhluk itu kadang-kadang dianggap sebagai Hydra karena tiga kepala. Menurut salah para Sejarawan. Zmey Gorynych dikisahkan dibunuh oleh Dobrynya NikitichSetelah tiga hari pertempuranDobrynya Nikitich siap untuk menyerah tapi dia menerima pesan dari surga ,dan ia akhirnya mulai melawan sang naga dengan lebih tangguh dari sebelumnya. Setelah tiga hari , nagabesar dibunuh oleh prajurit mulia tersebut. Melalui cerita rakyat ini ia menjadi terkenal.



7.    Sea Serpent adalah Ular Raksasa dari mitologi Eropa yang memiliki panjang 30-50 meter dan tinggi 7-10 kaki.Mereka mungkin terlihat seperti naga Afrika,tetapi para sejarawan melihat banyak perbedaan diantara mereka.Warna Sea Serpent dikatakan  biru, hijau, abu-abu atau kuning.Beberapa memiliki sirip di punggung yang besar dan ekor berduri . Sea Serpent dikatakanmemuntahkan air dan angin dari mulut merekaMereka menyerang dengan gigitan mereka atau dengan mencekik mangsanya. Mangsa utama mereka adalah ikan paus biru,Nelayan, dan ada juga yang bilang mereka memakan Cumi-cumi Raksasa.

 http://lair2000.net/Mermaids_Retreat/Research/sea_serpent.jpg

8.    Nidhogg adalah seekor naga yang ada dalam Mitologi Nordik. Para naga perkasa tersebut biasanya memakan akar pohon Yggdrasill,yang juga dikenal sebagai Pohon Dunia, yang membagi 9 alam dalam mitologi Nordik. Mahluk itu berharap suatu hari dapat menggulingkan Yggdrasill dan menghancurkan semua alam. Dia memiliki persaingan dengan elang yang hidup di bagian atas Pohon Dunia.Keduanya saling bertengkar menggunakan kata kata kasar yang dihantarkan melalui Ratoskr si Tupai. Para bangsa Nordik mengatakan bahwa Níðhöggr atau Nidhogg akan tiba di Ragnarok,yakni pada hari kiamat bangsa Nordik.



9.    Amphithere adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis ular bersayap tanpa kaki oleh orang Amerika Utara atau lebih tepatnya Meksiko.Mahluk ini memiliki panjang sekitar 45 meter dan dapat menyemburkan Api,mereka biasa digambarkan dengan warna hijau,Quetzalcoatl adalah Amphithere paling terkenal mereka digambarkan memiliki sayap berbulu dan ketika terbang mereka terlihat seperti Ular melayang



10. Hydra adalah Naga yang terunik diantara semua naga, Mereka dapat mereproduksi kepala mereka ketika mereka kehilangan sebuah kepala. Hal ini hanya terjadi setelah Hydra hidup selama beberapa ratus tahun.Dikatakan Hydra memiliki tinggi 12 kaki dan panjang sekitar 40 Meter. Mereka memiliki paling sedikitnya tiga kepala tapi beda dengan kisah Herkules yang menceritakan mahluk ini meiliki 8 kepala,yang dapat  berlipat ganda. Duri ekor mereka biasanya beracunMereka melawanmenyemburkan api dan menggigit lawan dari berbagai arah.Dalam kisah Herkules,Herkules mengalahkan mahluk ini dengan memasukan api kedalam tubuhnya. 



11. Naga Eropa Mereka dikatakan memiliki tinggi berkisar antara 13 sampai 17 meter dan panjang  45meter.Mereka dikatakan berwarna merah, hijau, hitam,Emas,dan ada yang bilang putih.Mereka dikatakan memiliki dua sayap dan empat kaki. Telur mereka dikatakan ada yang berwarna biru dan ada juga yang ungu,telur merekapun menjadi gelap seiring waktu telur merekka akanmenetas.mereka biasanya  paling sering diceritakan dapat menyemburkan Api, Mereka sangat cerdas, mencintai teka-teki dan berbicara dalam bahasa nagabahasa Inggris atau bahasa Latin.naga Eropa Biasanya hidup lebih dari 400 tahun,bahkan ada yang lenih panjang.Mereka biasanya digunakan untuk Sayembara oleh raja raja eropa untuk memberikan tahtanya kepada para Ksatria pemberani.

 http://img2.lln.crunchyroll.com/i/spire4/84f2c2420d36cab847346a101ebc959a1279917539_full.jpg

12. Azazel/Azazil dalam Islam mungkin ia tidak disebutkan dalam Qur'an,tapi ia diketahui sebagai Jinn Pertama yang memakai Nama Iblis.Seperti Kisah yang diceritakan agama Islam,Kristen,dan Yahudi.Azazil dulunya adalah pemimpin para malaikat,tetapi karena kedatangan manusia.Ia menunjukan kesombongannya.Lalu Tuhan mengutuknya menjadi mahluk berkepala kambing berbadan monster,bersayap Kelelawar,yah..... pokoknya ia berubah menjadi Monster yang buruk rupa,jauhberbeda dengan Parasnya yang dulu ,dan diusir dari surga.Dalam agama Kristen ia disebut Lucifer atau the Fallen Angel.Menurut orang Yahudi ia menjadi pemimpin Iblis dan juga Raja Neraka.Mungkin ia tak dikategorikan sebagai Naga Bagi banyak orang tetapi ia memiliki beberapa kemiripan dengan para naga diantaranya sayap dan tanduknnya.Mungkin saja Naga dalam kisah orang zaman dahulu  adalah penampakan jadi-jadian dari Azazil atau para Iblis lainnya,atau Mahluk itu adalah hasil karangan,atau mahluk itu adalah Binatang yang benar benar ada dimuka bumi,Yaaaaah kita manusia memang belum banyak tahu tentang Bumi ini,Mudah-mudahan suatu saat Misteri naga ini terungkap. 





Sumber :   http://habibxn07.blogspot.com/2012/05/naga.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar