Minggu, 05 Agustus 2012

Baterai Kertas Berdaya Tinggi


paper battery


Secarik kertas biasa suatu hari nanti akan bisa digunakan sebagai baterai ringan untuk memberikan energi pada sebuah perangkat elektronik.
Para ilmuwan di Stanford University, California mengklaim, mereka sukses mengubah kertas berlapis tinta yang terbuat dari perak dan karbon nanomaterial menjadi ‘baterai kertas’ yang menjanjikan kapasitas penyimpanan energi
performa tinggi.
Riset yang pernah dilakukan sebelumnya menemukan bahwa silikon nanowire dapat digunakan untuk membuat baterai dengan tenaga 10 kali lebih besar dari baterai lithium-ion yang saat ini umum digunakan untuk laptop.
“Jenis baterai ini juga akan sangat bermanfaat untuk memberikan daya pada kendaraan hibrida atau elektrik. Membuat kendaraan tahan lama dan hanya memerlukan lebih sedikit energi,” ujar salah satu peneliti Yi Cui, seperti dikutip dariReuters, Rabu (9/12/2009).
Yi bahkan menyebutkan, penemuan ini bukan tidak mungkin akan menggiring pada era teknologi kertas dengan sumber daya kertas suatu hari nanti.
“Di masa sekarang, masyarakat membutuhkan perangkat dengan daya tampung energi berperforma tinggi dan murah,” kata Yi.
Yi kemudian menambahkan, baterai sederhana dengan kapasitas super ini dapat digunakan untuk semua jenis aplikasi yang membutuhkan tenaga langsung berdaya tinggi. Rencananya, dalam waktu dekat teknologi ini akan segera dikomersilkan ke publik. ~oke tekno
arsitektur terbentuknya listrik pada batere kertas
arsitektur terbentuknya listrik pada batere kertas
sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar